Selasa, 21 Juni 2011

Cara Kerja AC

Uncategorized · March 29, 2010

TokoACOnline.com kali ini akan menjelaskan cara kerja AC

Bagaimanakah cara kerja AC dan kompressornya? pertanyaan ini sering juga diajukan oleh konsumen kami yang penasaran dengan sering terdengarnya bunyi “tek” pada AC mereka pada saat mereka sedang berada di dalam ruangan ber-AC yang sepi seperti di kamar tidur pribadi.

Jadi pada saat AC pertama kali dinyalakan melalui remote, di ruangan yang sepi harusnya anda akan mendengar 1 kali bunyi “tek”. Bunyi tersebut menandakan bahwa kompressor mulai bekerja, memompa gas freon dari unit outdoor ke unit evaporator di Indoor untuk kemudian disembur angin oleh kipas ke dalam ruangan. Kemudian komputer di unit Indoor AC akan memberitahukan sensor termometer yang disebut thermostat di unit Indoor agar suhu ruangan tersebut dapat sama dengan suhu yang tertera di remote AC.

Apabila contoh suhu remote disetel di 24 derajat, dan suhu ruangan sudah mencapai 24 derajat maka akan lagi terdengar bunyi “tek” lagi dimana kompressor AC akan mati dan AC di ruangan hanya akan menyemburkan angin saja karena gas freon tidak lagi dipompa dari unit outdoor ke unit indoor. Pada kondisi ini pemakaian listrik akan sangat kecil karena praktis listrik yang dibutuhkan hanya untuk kipas atau fan, thermostat, dan lampu-lampu pada Indoor AC.

Kemudian pada saat suhu ruangan naik menjadi 25.1 (dua puluh lima koma satu) derajat, kompressor akan kembali menyala dimana anda akan mendengar lagi bunyi “tek”. Hal ini akan terjadi berulang-ulang selama AC dinyalakan.

Kondisi kompressor AC yang menyala dan mati ini hanya dapat terjadi pada saat suhu remote tercapai. Oleh karena itu, saran kami, JANGAN PERNAH menyetel suhu remote AC di 16 derajat karena ruangan anda TIDAK AKAN PERNAH mencapai suhu 16 derajat seperti yang akan dibahas lebih lanjut di artikel kami kesalahan penggunaan AC dan fakta tentang AC

Saran kami kepada anda para klien dan calon klien, adalah agar selalu memasang suhu remote di minimal 22-23 derajat, dimana kondisi ruangan di suhu ini masih ada kemungkinan tercapai pada dini hari atau subuh sekitar pukul 03.00 atau 04.00. Hal ini akan berdampak langsung pada tagihan listrik anda per bulan. semakin sering kompressor AC dapat beristirahat, semakin hemat jugalah pemakaian listrik di rumah anda.

Apabila anda tidak percaya bahwa hal tersebut dapat menghemat pengeluaran listrik anda, silahkan buktikan sendiri. Lakukan saran kami dan bandingkan tagihan listrik anda, tentu saja dengan jumlah pemakaian listrik yang kurang lebih sama dari bulan lalu.

Untuk informasi lebih lanjut, penawaran harga, pemesanan barang maupun pemasangan segera ke rumah atau tempat usaha anda, segera hubungi Toko AC Panasonic

Tidak ada komentar: